September 22, 2021

Polres Bogor Turun Tangan  Dana Bansos Rp 54 Juta Disunat Perangkat Desa di Rumpin

Polres Bogor berhasil mengungkap tindak kejahatan korupsi dana bantuan sosial (bansos) tunai di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Aksi pengungkapan kasus ini yang dipimpin langsung oleh AKP Handreas selaku Kasat Reskrim Polres Bogor dan jajarannya. “Pelakunya oknum perangkat desa. Dia melakukan penyalahgunaan Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos terhadap 30 orang warga Kecamatan Rumpin,” kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Sabtu (13/2/2021).

Kasus ini bermula dari laporan pengaduan keluhan warga masyarakat para penerima bantuan. “Nilai Bantuan Sosial yang diselewengkan senilai Rp54 juta,” jelasnya. Harun menegaskan kasus ini sedang dikembangkan terkait ada tidak keterlibatan oknum lainnya.

"Kami terus kembangkan. Sejauh ini kita telah berhasil mengungkap dan menangkap seorang pelaku,” pungkas Harun. Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meminta agar mekanisme penyaluranbansosdiubah dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). “Saat ini kayaknya masih dalam penyaluran tahap ketiga tahun 2020. Kalau pun bantuan ini diperpanjang, DPRD akan mendukung,” kata Rudy.

Dengan sistem non tunai, lanjut dia, tidak ada penyelewengan karena disalurkan dengan cara transfer dan penerimanya jelas. “Kalau masyarakat butuh beras, tinggal dipakai untuk membeli beras. Permasalahan terkait kualitas beras pun dengan sendirinya hilang. Begitu pun dengan kebutuhan pokok lainnya,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *