November 29, 2022

Perhatikan 3 Hal Ini Ketika Berbisnis Sejak Kuliah

Kuliah merupakan waktu yang tepat untuk semua anak muda untuk menjalani proses pengembangan diri, mulai dari mencari ilmu dan belajar berorganisasi, serta semua hal yang berkaitan dengan akademik. Tetapi, ada baiknya mahasiswa mencoba berbagai hal di luar akademik, asalkan kegiatan yang dilakukan termasuk kegiatan yang produktif. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu berbisnis. Merintis bisnis bisa dilakukan saat menjalani Program S2 Manajemen Bisnis. Ada banyak alasan mahasiswa harus mulai belajar bisnis seperti membangun mental, meningkatkan motivasi, hingga menambah banyak koneksi di lingkup bisnis. Jika tertarik untuk segera buka bisnis, sebaiknya perhatikan dulu 3 hal ini.

Timing

Membagi waktu untuk 2 aktivitas sekaligus adalah hal yang pasti dilakukan mahasiswa. Pertama, harus tetap kuliah dan mendapat nilai bagus. Kedua, mengurus bisnis agar lebih berkembang. Ada kemungkinan keduanya mengalami benturan jadwal tetapi dengan membagi waktu secara benar, maka hal tersebut bisa diminimalisir. Mahasiswa harus bisa menentukan kegiatan yang harus diprioritaskan, tapi jangan sampai ada salah satu dari keduanya menjadi terbengkalai. Kuliah dan bisnis bisa berjalan beriringan saat dikelola dan diatur dengan cara yang tepat.

Inovasi

Dalam setiap bisnis tentu butuh proses inovasi untuk menambah nilai pada suatu produk maupun jasa, apalagi melihat situasi sekarang yang berubah begitu cepat atau dinamis. Sehingga, inovasi harus terus dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen apalagi kompetitor lain juga melakukan pembaruan, jadi jangan sampai produk menjadi tertinggal dari kompetitor.

Membangun Sistem

Hal selanjutnya yang mesti diperhatikan yaitu membangun sebuah sistem untuk mempermudah operasional bisnis. Mulai dari perekrutan karyawan hingga memanfaatkan teknologi terbaru agar bisnis bisa menjadi lebih efektif sehingga tidak akan mengganggu aktivitas kuliah.

Tiga hal tersebut harus sangat diperhatikan untuk mahasiswa di berbagai jurusan, seperti di Universitas Prasetiya Mulya yang banyak merintis bisnis. Kuliah manajemen bisnis ini akan memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung bagi para calon pebisnis muda, dari mulai tahap ide, analisa bisnis, penjualan, dan proses lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *