February 8, 2023

Malioboro, Tujuan Wisata Favorit di Jogja

Liburan ke Jogja tidak akan lengkap tanpa singgah ke Malioboro. Ya, jalan-jalan ke Malioboro menjadi salah satu agenda wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Apalagi di sekitar Malioboro ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Sebelum Anda melakukan perjalanan ke Jogja, ada baiknya sudah mempersiapkan keperluan akomodasi selama berada di kota ini. Sebagai solusinya, Anda bisa langsung booking hotel online di Pegipegi. Tentunya cara ini sangat mudah, aman dan praktis.

Ada Wisata Apa Saja di Sekitar Malioboro?

Sebagai salah satu kawasan wisata populer di Jogja, Malioboro memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi di sekitar Malioboro ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa diakses hanya dengan jalan kaki saja. Apa saja tempat wisata yang dimaksud? Silakan ikuti informasi berikut.

1.    Pasar Beringharjo

Jalan-jalan ke Malioboro tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Pasar Beringharjo. Pasar legendaris yang sudah beroperasi sejak tahun 1758 ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari makanan seperti bakpia dan yangko, hingga kain batik Jogja.

2.    Museum Benteng Vredeburg

Bagi Anda yang ingin napak tilas sejarah perjuangan bangsa, tidak ada salahnya singgah ke Museum Benteng Vredeburg yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Malioboro. Museum yang diresmikan pada tahun 1992 ini bisa diakses hanya dalam waktu 5 menit dari Jalan Malioboro.

3.    Gedung Agung

Tidak jauh dari Museum Benteng Vredeburg, Anda juga bisa mengunjungi Gedung Agung yang merupakan Istana Kepresidenan Yogyakarta. Gedung istana ini dibuka untuk umum setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB, untuk hari Jumat tutup pukul 11.00 WIB.

4.    Museum Sonobudoyo

Berjalan lagi ke arah selatan, Anda bisa mengunjungi Museum Sonobudoyo yang menyimpan berbagai macam koleksi benda bersejarah. Jaraknya sendiri sekitar 1,1 km dari Malioboro dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 13 menit saja dengan berjalan kaki.

5.    Keraton Yogyakarta

Setelah puas melihat koleksi di Museum Sonobudoyo, Anda bisa langsung menuju ke selatan yaitu ke Keraton Yogyakarta. Bangunan keraton ini sudah berdiri sejak tahun 1755, tepatnya pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I.

6.    Museum Kereta Keraton Yogyakarta

Museum ini berada di Jalan Rotowijayan yang jaraknya hanya sekitar 1,2 km dari kawasan Malioboro. Di dalam museum terdapat berbagai jenis kereta kencana yang usianya sudah ratusan tahun. Kereta kuda tersebut masih digunakan pada upacara kebesaran keraton.

Akomodasi Terbaik di Jogja

Bagaimana, sangat menarik kan jalan-jalan ke Malioboro? Untuk akses yang lebih mudah, Anda bisa mencari akomodasi terbaik di sekitar Malioboro. Di kawasan ini ada banyak pilihan hotel yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap selama liburan di Jogja.

Untuk cara yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa langsung melakukan reservasi online melalui Pegipegi. Hanya dengan menggunakan aplikasi Pegipegi, Anda bisa mendapatkan kamar hotel sesuai kebutuhan. Silakan klik di sini untuk memesan hotel dan melakukan transaksi secara mudah dan aman.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *